Senin, 12 September 2011

Resume PBO 01

OOP (object oriented programing) adalah pradigma pemrograman berorientasi objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek.

Program kumpulan objek
- Data/Field
- Operation/Method

Data
1. Identitas
2. Informasi

Operation
1. Perilaku
2. Kemampuan
3. Proses

Paradigma Dasar PBO
1. Abstraction
       Proses pengabstrakan atau penyembunyian detail program yang sangat rumit sehingga kita tidak perlu mempersalahkan pembuatannya. Kita hanya perlu objek tersebut dapat kita ganti sesuai fungsinya.


2. Encaptulation 
        Memisahkan data dan proses dari area public, bersifat private

3. Inharitance 
         - Pewarisan data dapat diturunkan menjadi class yang lain
         - Semua sifat induk diwariskan ke dalam class anaknya

4. Polimorly 
         Perumusan atau pengfusian yang bisa dilakukan lebih dari satu macam bentuk


Concept of Class and Object

  • Class: Mengacu pada blue print yang mendefinisikan variabel dan method yang mendukung object.
  • Object: Bentuk instan dari class, setiap object memiliki class dengan definisi data.
Class is blue print of object, Object is instance of class
Access Modifier :

  1. Private    : Diakses oleh class itu sendiri
  2. Protected: Private tapi masih boleh di akses oleh turunannya
  3. Package  : Masih boleh di akses oleh class lain asalkan masih satu package atau satu folder
  4. Public      : Bisa di akses dari mana pun(bisa dipakai oleh class mana pun)



           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar