Minggu, 13 November 2011

ADO.NET dan Connected Application

NIM / Nama: 10.41010.0224 / Filzah Apritasari
Dosen          :  Tan Amelia
Tugas          :  ADO.NET dan Connected Application


ADO.NET adalah teknologi akses data dari Microsoft .Net Framework. Yang menyediakan komunikasi antara sistem relasional dan non-relasional melalui seperangkat komponen. ADO.NET terdiri dari serangkaian Objek yang mengekspos layanan akses data ke lingkungan NET. ADO.NET dibangun untuk arsitektur terputus, sehingga memungkinkan benar-benar terputus dengan sumber data dapat dilakukan manipulasi melalui Objek Dataset, yang benar-benar independen dari Sumber Data (database)
Dua komponen kunci dari ADO.NET adalah Data Providers dan DataSet. Di dalam .Net Framework terdapat tiga Penyedia untuk Akses Data. Yaitu Microsoft SQL Server Data Provider, OLEDB Data Provider dan ODBC Data Providers. SQL Server menggunakan obyek SqlConnection, OLEDB menggunakan Objek OleDbConnection dan ODBC menggunakan OdbcConnection.
Mengenal Objek-objek ADO.NET 
Objek ADO.NET menyediakan kemudahan dan kecepatan akses pada semua jenis data.
  • Objek Connection membuat hubungan antara aplikasi windows kita dan sumber data luar, seperti SQL Server atau Data MS-Access. Objek ini juga menyediakan mekanisme untuk mengadakan hubungan, melakukan pencarian dan melakukan transaksi. Ini adalah objek yang paling tinggi levelnya pada model Objek ADO.NET

  • Objek Command dipergunakan untuk melakukan pencarian, termasuk parameter khsus yang dimasukkan oleh pemakai, mengakses rekaman dati sumber data. Pada umumnya, rekaman-rekaman ini dikembalikan dalam bentuk Objek Table. Objek command dibuat dari tabel basis data, query yang tersimpan atau Query Bahasa Pencarian Terstruktur/Structured Query Language (SQL).


  • DataAdapter 
    Melalui DataAdapter ini kita dapat mengambil data rekaman dengan langsung memberikan perintah SQL maupun melalui objek Command.
  • DataSet
DataSet memberikan representasi terputus hasil query dari Sumber Data, dan itu benar-benar independen dari Sumber Data(database). DataSet memberikan fleksibilitas jauh lebih besar ketika berhadapan dengan manipulasi data. DataSet terdiri dari kumpulan objek DataTable yang dapat berhubungan satu sama lain dengan DataRelation. DataTable berisi koleksi DataRow dan DataCoulumn. Objek DataAdapter menyediakan sebuah jembatan antara DataSet dan Sumber Data.

Table
Objek Recordset tidak dipergunakan lagi pada ADO.NET sebagai gantinya kita akan memakai object Table yang terdapat di dalam Dataset untuk mengakses rekaman-rekaman yang dikembalikan dari query SQL. Anda mempergunakan Objek Table untuk menyajikan data kepada pemakai. Objek Table ini berisi rekaman (record) yang dapat langsung dipergunakan untuk megisi gridview atau textbox. Objek table ini terdapat di dalam dataset.
Connected Application
Sql Connection
Standar : “Data Source=MyComputer;” & _ “Initial Catalog=pubs;” & _ “User Id=sa Password=abcd;”
Trusted Connection : “Data Source=MyComputer;” & _ “Initial Catalog=pubs;” & _ “Integrated Security=TRUE;”
Oracle Connection
“Data Source=MyOracleDB;” & _ “User Id=username;Password=passwd;” & _ “Integrated Security=no;”
Opening dan Closing Connections
Opening: method yang menggunakan informasi dalam koneksinya untuk menghubungkan sumber data dan membentuk sebuah koneksi
Closing: method yang digunakan untuk menutup koneksi
SQL Command
SQl command adalah sebuah objek yang digunakan untuk menentukan interaksi yang ingin digunakan dalam database
Contoh: dapat melaukakn select, insert, modify, dan delete commands pada baris dalam table database
SQL Commands Methods
ExecuteNonQuery: menjalankan data command tapi tidak mengembalikan nilai,                      melakukan perintah seperti update, Insert, deleted, dan get by id
ExecuteScalar: ketika query database mengembalikan nilai tunggal
ExecuteReader: ketika query database menyediakan satu set catatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar